FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN

FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKANby Tabloid Pendidikan Onlineon.FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKANFILM ANIMASI  SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN HENDRIYENI, S.Pd. M. Pd. Dewasa ini, peranan teknologi sebagai media pembelajaran telah berhasil menguasai bidang pendidikan. Modernisasi teknologi telah membawa pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien baik bagi guru maupun peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menitik beratkan pada penggunaan teknologi sebagai media belajar […]

FILM ANIMASI  SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN

HENDRIYENI, S.Pd. M. Pd.

Dewasa ini, peranan teknologi sebagai media pembelajaran telah berhasil menguasai bidang pendidikan. Modernisasi teknologi telah membawa pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien baik bagi guru maupun peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menitik beratkan pada penggunaan teknologi sebagai media belajar yang dapat  memudahkan peserta didik dalam memperoleh ragam informasi global untuk dijadikan sumber belajar tanpa terkekang oleh ruang dan waktu. Guru dapat menerapkan pola belajar mandiri yang kreatif dan inovatif sehingga siswa dapat belajar dan mengeksplorasi imajinasi tanpa terhalang ruang dan waktu, ide-ide yang dapat dituangkan secara langsung dalam variasi bentuk seperti teks, video, audio, dan Film animasi. Hampir dipastikan setiap hari menemukan film-film animasi dengan  bahasa inggris. Film animasi merupakan media yang menyenangkan dan bisa dinikmati oleh anak-anak mapun kalangan dewasa. Film animasi merupakan karya seni audio-visual berfungsi menyampaikan pesan  melalui media cerita,  juga sebagai media edukasi, informasi dan persuasi.

Beberapa film animasi yang alur ceritanya mudah diingat mengandung unsur mendidik, memberikan bimbingan dan membangkitkan motivasi belajar dan  mendukung  perkembangan jiwa peserta didik. Film animasi juga bisa menjadi  upaya meningkatkan minat dan keterampilan peserta didik dalam speaking. Dimasa Pandemi Covid-19 ini beberapa guru memberikan materi  pelajaran bahasa inggris melalui   film animasi  berbahasa inggris yang penuh kreasi, menyenangkan dan familiar sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Film animasi tersebut diapload melalui YouTube yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan tujuan materi pelajaran. Guru menyampaikan tujuan dan uraian aktivitas yang harus dilakukan, melalui worksheet  (lembar kerja) maupun di kertas lain. Film animasi akan berbicara sedikit lebih lambat namun terdengar lebih jelas, agar peserta didik dapat memahami dan mengerti  alur cerita film tersebut yang  menyenangkan, menarik mudah diingat, dan  tidak bertele-tele, music effect  dan soundtrack bagus, Film animasi terbentuk dari unsur naratif berkaitan dengan aspek cerita karena ada tokoh, masalah (konflik), lokasi, dan waktu dan sinematik berkaitan erat dengan setting, tata cahaya, kostum dan make up, akting dan pergerakan pemain. Film animasi dengan subtitle yang sama dengan apa yang diungkapkan pemainnya mampu mengidentifikasi bagaimana ungkapan dan pengucapan teks bahasa Inggris langsung dari Native Speaker, disinilah peserta didik  mempelajari pelafalan Bahasa Inggris lebih baik.

Setelah selesai menonton film animasi peserta didik  memberikan tanggapan/respons sebagai refleksi dari aktiviatas belajar, sehingga peserta didik mampu mengembangkan kekuatan Bahasa Inggrisnya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dirumuskan empat keterampilan berbahasa Inggris meliputi: listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Peran para guru bahasa Inggris sangat penting dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi peserta didik dalam belajar speaking. Dalam proses pembelajaran, guru bukan sekedar menyampaikan materi tetapi juga harus melaksanakan berbagai usaha untuk dapat memotivasi peserta didik  guna meningkatkan kualitas belajar bahasa Inggris, tentang  speaking.

Belajar bahasa Inggris yang efektif adalah menyimak film animasi  dengan serius karena dapat  membantu dalam penguasaan pronunciation atau pengucapan kosa katanya akan mudah dipahami. Peserta didik juga dapat mengetahui cara pengucapan pronunciation  dari  Native Speaker  sehingga lama kelamaan akan terbiasa untuk mengucapkan dengan jelas dan benar. Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris melalui film animasi  yang  menyenangkan, efektif dan efisien dan meningkatnya kreativitas peserta didik karena dalam satu tayangan peserta didik   mampu mengolah 4 makro skill bahasa Inggris,  menghadirkan short clip (Kip pendek) mengenai suatu objek dengan menambahkan audio dan teks, menghadirkan rekaman suara/voice terbaik mereka di video dan memberi teks penjelasan singkat yang terkait didalamnya.

Keterampilan bahasa Inggris anak akan terasah terus melalui pemutaran  film animasi  dan membawa dampak positif. Film animasi juga merupakan alternatif yang baik untu belajar pelafalan (Pronunciation) yaitu cara pembicara menyuarakan atau membunyikan setiap kata dalam bahasa Inggris, pembunyian huruf dan kata secara keseluruhan. Jadi  Media Film animasi sebagai alternatif media belajar Bahasa Inggris yang tepat, menyenangkan, kreatif dan inovatif  dalam melancarkan listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis).

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.