Di Hari Koperasi Batu, Sri Untari Tegaskan Pentingnya Pendidikan Anggota

Di Hari Koperasi Batu, Sri Untari Tegaskan Pentingnya Pendidikan Anggotaby Tabloid Pendidikan Onlineon.Di Hari Koperasi Batu, Sri Untari Tegaskan Pentingnya Pendidikan AnggotaBatu, TabloidPendidikan.Com – Ketua Koperasi Setia Budi Wanita Malang, Sri Untari, di hadapan para penggiat koperasi Kota Batu memaparkan “Membangun Koperasi di Tingkat Anggota dan untuk Masyarakat.” Dalam paparannya, Sri Untari Menguraikan pentingnya fungsi anggota koperasi. “Yang perlu diperhatikan cara membangun komitmen anggota dengan koperasi (best practise story). Karena tanpa komitmen anggota, koperasi akan segera […]

lbqd53p4

Batu, TabloidPendidikan.Com – Ketua Koperasi Setia Budi Wanita Malang, Sri Untari, di hadapan para penggiat koperasi Kota Batu memaparkan “Membangun Koperasi di Tingkat Anggota dan untuk Masyarakat.” Dalam paparannya, Sri Untari Menguraikan pentingnya fungsi anggota koperasi.

Sri Untari Saat Menyampaikan Materi di Hari Koperasi Batu, Kamis, 26/7/28.

Sri Untari Saat Menyampaikan Materi di Hari Koperasi Batu, Kamis, 26/7/28.

“Yang perlu diperhatikan cara membangun komitmen anggota dengan koperasi (best practise story). Karena tanpa komitmen anggota, koperasi akan segera ambruk,” jelas Sri Untari di aula hotel Selecta, Batu, Kamis, 26 Juli 2018.

Sri Untari juga mengingatkan, Kalau masyarakat memahami peran dan jati diri koperasi, rentenir tidak akan memiliki ruang untuk berkembang. Hal ini, tambahnya, tidak terlepas dari koperasi sebagai wadah perkumpulan otonom dari orang-orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya bersama melalui perusahaan yang mereka miliki bersama dan mereka kendalikan secara demokratis.

Selain itu, dalam praktiknya anggota dan pengurus harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip koperasi: keanggotaan sukarela dan terbuka, pengendalian oleh anggota secara demokratis, partisipasi ekonomi anggota, otonomi dan kebebasan, pendidikan, pelatihan dan informasi.

“Jadi pendidikan di koperasi agar anggota dan pengurus mengerti tentang fungsi, hak dan tanggung jawabnya. Semakin terdidik anggota koperasi, semakin maju koperasi itu,” urai koperasi.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini juga menguraikan pengalamannya membidani lahirnya koperasi-koperasi program pemprov Jawa Timur. “Saya pernah diminta untuk membantu pemprov membentuk koperasi-koperasi di tingkat desa. Hampir 3500 koperasi untuk gelombang pertama,” urainya.

Mengenai pembentukan koperasi, Sri Untari memberi catatan pentingnya pola down-top. Bukan top-down. Pola down-top adalah karakter koperasi dalam menumbuhkan partisipasi aktif anggota.

“Sekali lagi, anggota harus berperan aktif. Jika anggota tidak aktif, koperasi akan menjadi KUD, ketua untung duluan,” selorohnya disambut tepuk tangan peserta Hari Koperasi Kota Batu tahun 2018. [Budi]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.