Warisan Budaya untuk anak cucu kita

Warisan Budaya untuk anak cucu kitaby Tabloid Pendidikan Onlineon.Warisan Budaya untuk anak cucu kitaTabloidPendidikan.Com – Budaya daerah dari para leluhur kita memiliki nilai yang sangat fundamental dan harus diwariskan ke generasi berikutnya,Apabila budaya yang kita miliki tidak kita lestarikan an tidak kita jaga tentu saja kelak nanti anak cucu kita tidak akan mengenal budaya yang pernah kita miliki dan pernah kita alami semasa kita kecil. Untuk itu marilah […]

lbqd53p4

TabloidPendidikan.Com – Budaya daerah dari para leluhur kita memiliki nilai yang sangat fundamental dan harus diwariskan ke generasi berikutnya,Apabila budaya yang kita miliki tidak kita lestarikan an tidak kita jaga tentu saja kelak nanti anak cucu kita tidak akan mengenal budaya yang pernah kita miliki dan pernah kita alami semasa kita kecil.

"Budaya daerah dari para leluhur kita memiliki nilai yang sangat fundamental dan harus diwariskan ke generasi berikutnya"Adi Ngadiman,M.M.

“Budaya daerah dari para leluhur kita memiliki nilai yang sangat fundamental dan harus diwariskan ke generasi berikutnya”Adi Ngadiman,M.M.

Untuk itu marilah segenap warga Indonesia dari Sabang sampai Marauke untuk senantiasa mau menjaga dan melestarikan budaya yang kita miliki dengan cara memperkenalkan budaya budaya yang ada pada anak anak kita.

Budaya daerah, menurut merupakan kebiasaan-kebiasaan luhur yang diturunkan oleh para leluhur di masing-masing daerah. Hal itu sekaligus menjadi identitas pembeda antara daerah satu dengan lainnya.Walaupun budaya kita berbeda namun kita tetap satu Indonesia.

Saya mencontohkan, seperti dalam Budaya Jawa, bahasa mengandung makna, simbol, sekaligus nilai yang memiliki keterkaitan dengan budaya sopan santun yang selama ini membentuk karakter masyarakat Jawa. Tanpa terus diajarkan dalam pendidikan formal dan non formal budaya itu sulit dilestarikan.Warisan budaya itu harus terus dijaga agar tidak luntur atau hilang ditelan masa.

Untuk melestarikan budaya daerah peran pemerintah sangatlah penting dan dominan.Peran pemerintah dalam melestarikan budaya tidak lain dengan cara memasukkan budaya daerah yang sudah ada dimasukkan dalam pelajaran di sekolah baik pendidikan formal maupun pendidikan non melalui materi muatan lokal.Agar setiap siswa dalam mengenyam pelajaran disekolah pasti mendapatkan pelajaran tentang budaya yang ada didaerahnya.(adi)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.