Rana Budaya Suatu Bangsa Berada di Hati dan di Jiwa Rakyatnya

Rana Budaya Suatu Bangsa Berada di Hati dan di Jiwa Rakyatnyaby Tabloid Pendidikan Onlineon.Rana Budaya Suatu Bangsa Berada di Hati dan di Jiwa RakyatnyaArtikel,TabloidPendidikan.Com – Sebuah bangsa berhasil karena persatuan rakyatnya. Persatuan ini berasal dari rasa memiliki, identitas, dan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu faktor terbesar dan terpenting di antara semuanya bersandar pada budaya. Budaya merupakan faktor penting yang mampu menjadi kekuatan pendorong besar di dalam organisasi. Beberapa perusahaan terbesar di dunia berkembang dan menjadi yang […]

lbqd53p4

Artikel,TabloidPendidikan.Com – Sebuah bangsa berhasil karena persatuan rakyatnya. Persatuan ini berasal dari rasa memiliki, identitas, dan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu faktor terbesar dan terpenting di antara semuanya bersandar pada budaya.

Budaya merupakan faktor penting yang mampu menjadi kekuatan pendorong besar di dalam organisasi. Beberapa perusahaan terbesar di dunia berkembang dan menjadi yang terdepan karena budaya yang kuat.

Adi Ngadiman,M.M.

Adi Ngadiman,M.M. *

Faktanya, perusahaan-perusahaan ini bahkan memiliki laman khusus yang didedikasikan untuk menunjukkan ”budaya” mereka di dalam situs korporatnya masing-masing. Hal ini mengindikasikan pentingnya budaya dalam kesuksesan mereka. Setidaknya hal ini dibuktikan oleh Google, GE, Morgan Stanley, dan masih banyak lagi.

Memiliki budaya tertentu juga tak kalah pentingnya untuk dimiliki agensi periklanan. Sering kali, agensi mengabaikan pentingnya budaya karena terus bergegas dari satu deadline ke deadline lainnya.

Kenyataannya, posisi agensi yang bergerak di bidang jasa amat membutuhkan persatuan budaya yang kuat. Hal ini krusial untuk menumbuhkan rasa kebersamaan di antara karyawannya sehingga mereka memahami makna dari hal yang mereka kerjakan setiap hari.

Rana Budaya Indonesia, sebagai salah satu jaringan agensi media terbesar di dunia, adalah organisasi yang mengutamakan budaya sebagai elemen utama. Agensi media tersebut memahami dan terus mengingatkan karyawannya bahwa kesuksesan tidak terjadi begitu saja, kesuksesan merupakan sebuah usaha berkelanjutan.

Rana Budaya percaya bahwa organisasi bergantung pada orang-orang di dalamnya dan industri terus bergerak dalam tantangan baru. Karenanya, Rana Budaya telah menanamkan budaya ”fearless” di antara para karyawannya.

Menurut Rana Budaya, fearless atau keberanian tak sekadar ketiadaan rasa takut. Keberanian adalah sebuah sikap untuk terus menerus menantang norma, menggebrak pemikiran konvensional, dan merangkul kreativitas serta memberdayakan orang-orang di dalamnya untuk terus menunjukkan yang terbaik dengan percaya diri.

Budaya keberanian ini mendorong orang-orang untuk lebih bangga dengan perubahan yang dihasilkan setiap harinya melalui keahlian mereka.

Bagaimana Rana Budaya mampu melakukan hal ini? Langkah yang diambil untuk menanamkan budaya dalam pikiran individu bervariasi, namun tetap dibuat sederhana agar mudah diterima dan dipahami oleh semua pihak. Satu di antara banyak hal yang Rana Budaya lakukan adalah fearless session yakni sesi unjuk keberanian yang diadakan setiap bulan.

Ini saat di mana seluruh karyawan berkelompok untuk memecahkan brief, berkompetisi, dan menghasilkan pemenang yang diapresiasi. Hal sederhana lain adalah dengan memiliki dua kalimat yang terpampang di meja setiap orang dengan kata-kata ”Mengapa?” dan ”Apakah saya sudah melakukan yang terbaik?”.  Hal ini untuk terus meningatkan karyawan untuk menjadi berani dan lebih baik setiap hari.

Dengan memahami apa yang mereka lakukan dan apa yang membuat mereka istimewa dapat memberikan karyawan tujuan yang jelas dan juga satu pemahaman dalam menciptakan perubahan yang bermakna. [Ak11]

*) Penulis adalah Guru dan Pengurus di PGRI Prov. Jatim

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.