Menteri Puan: Ayo Lestarikan Batik Indonesia

Menteri Puan: Ayo Lestarikan Batik Indonesiaby Tabloid Pendidikan Onlineon.Menteri Puan: Ayo Lestarikan Batik IndonesiaJakarta, TabloidPendidikan.Com – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak semua pihak, baik dari jajaran pemerintah, pelaku usaha, seniman, masyarakat, dan perguruan tinggi untuk melaksanakan komitmen dalam melestarikan serta mengembangkan warisan budaya batik Indonesia. “Dewasa ini penggunaan batik makin beragam, tidak hanya untuk keperluan sandang dalam arti luas, tetapi juga […]

lbqd53p4

Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak semua pihak, baik dari jajaran pemerintah, pelaku usaha, seniman, masyarakat, dan perguruan tinggi untuk melaksanakan komitmen dalam melestarikan serta mengembangkan warisan budaya batik Indonesia.

Menteri Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) melihat batik yang dipamerkan seusai meresmikan acara Cipta dan Alun Budaya dengan tema "Perempuan dan Canting" yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

Menteri Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) melihat batik yang dipamerkan seusai meresmikan acara Cipta dan Alun Budaya dengan tema “Perempuan dan Canting” yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

“Dewasa ini penggunaan batik makin beragam, tidak hanya untuk keperluan sandang dalam arti luas, tetapi juga untuk kebutuhan rumah tangga, interior hotel serta gedung-gedung, dan sebagainya. Mari kita dengan bangga membeli dan memakai produk hasil industri kreatif bangsa kita. Dengan demikian, kita turut melestarikan budaya, memperkuat jati diri bangsa, turut menyejahterakan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Menko PMK saat meresmikan acara Cipta dan Alun Budaya dengan tema “Perempuan dan Canting” yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) di Jakarta, Rabu (25/1).

Menko PMK mengingatkan, batik Indonesia merupakan salah satu ikon budaya hasil kearifan bangsa Indonesia. Batik Indonesia juga telah terinskripsi pada Daftar Representatif sebagai Budaya Takbenda Warisan Manusia pada 4th Session of the Intergovernmental Committee on Safeguarding Intangible Cultural Heritage UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 30 September 2009.

Goresan canting di selembar kain, kata Puan, sesungguhnya bercerita tentang kearifan budaya bangsa kita yang dinarasikan dan diajarkan bukan saja antargenerasi, melainkan juga intergenerasi. Melalui pemahaman makna simbolik yang dikandungnya, batik dapat menjadi media dalam menanamkan nilai-nilai pembangunan manusia Indonesia yang berintegritas, beretos kerja, dan bersemangat gotong-royong.

Kecintaan dan kebanggaan terhadap batik Indonesia yang telah menyebar di seluruh wilayah Indonesia tentu menjadi salah satu media pemersatu bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Menko PMK menyebutkan, penyelenggaraan acara Cipta dan Alun Budaya dengan tema “Perempuan dan Canting” itu mencerminkan komitmen dan konsistensi dalam mengangkat dan mengembangkan produk warisan budaya batik masa kini dan yang akan datang.

“Melalui kegiatan seperti ini, warisan budaya batik bukan hanya didudukkan sebagai warisan budaya yang digelar secara seremonial, tetapi untuk digali dan dikembangkan menjadi kekuatan jati diri bangsa yang mampu menjadi inspirasi bagi kemandirian ekonomi, memperkuat daya saing, dan meningkatkan peradaban bangsa,” kata Puan.

Menko PMK menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak penyelenggara, khususnya Ketua Umum Iluni UI serta semua pihak yang berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini sehingga terlaksana dengan baik. Puan mengatakan, dirinya bangga sebagai bagian dari Iluni UI dan meminta Iluni UI untuk turut memberikan sumbangsihnya.

Pasalnya, kata Puan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam mengembangkan budaya bangsa, khususnya batik. Melalui agenda ini, menurut Menko PMK, Iluni UI telah ikut membantu melestarikan batik. [BS]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.