Pendidikan Daerah 3T Perlu Model Baru

Pendidikan Daerah 3T Perlu Model Baruby Tabloid Pendidikan Onlineon.Pendidikan Daerah 3T Perlu Model BaruJakarta,TabloidPendidikan.Com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mencari model pendidikan di daerah 3T (terdepan, tertinggal, terluar), untuk mengatasi kesenjangan dan kualitas pendidikan. “Nanti akan kita cari model sekolah khas yang bisa atasi kesenjangan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud menyebut salah […]

lbqd53p4

Jakarta,TabloidPendidikan.Com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mencari model pendidikan di daerah 3T (terdepan, tertinggal, terluar), untuk mengatasi kesenjangan dan kualitas pendidikan.

“Nanti akan kita cari model sekolah khas yang bisa atasi kesenjangan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud.

Ilustrasi Proses Pembelajaran Daerah 3T

Ilustrasi Proses Pembelajaran Daerah 3T

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud menyebut salah satu usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni menyelenggarakan pendidikan satu atap dan berasrama, khususnya di Indonesia bagian timur. Ia menyebut rencana itu sudah mulai dilaksanakan oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah juga mendapat bantuan dari Diaspora asal Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Papua.

“Setelah berkunjung ke pegunungan Jayawijaya, ada relokasi. Jadi mungkin ada sekolah satu atap dan berasrama,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud.

Ia menyebut Ditjen Dikdasmen sudah mulai menjabarkan daerah mana saja yang akan dibangun sekolah satu atap. Sekolah satu atap akan mencakup jenjang SD, SMP dan SMA. Kendati demikian, ia mengatakan pembangunan sekolah satu atap juga harus mempertimbangan kesediaan anak-anak untuk tinggal di asrama.

“Kita ini bangsa besar dan masih banyak puluhan ribu anak yang masih mengenyam pendidikan, tapi mereka anak bangsa,apabila ada satu anak yang terlantar kita harus bertanggung jawab pada mereka,karena mereka kelak nanti akan berguna bagi nusa dan bangsa”ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud.

Kita tidak boleh iri pada daerah yang kondisi geografis sangat ektrim, ia menyebut kelangsungan pendidikan juga diperngaruhi kondisi cuaca.Di daerah tersebut mungkin dalam melaksanakan proses belajar mengajar tidak akan sama dengan daerah kita,ia bisa libur selama dua bulan karena tingginya gelombang untuk lautdan cuaca didaerahnya tidak menentu.Itulah yang menyebabkan daerah tersebut tidak dapat disamakan dengan kondisi daerah kita.

Untuk menentukan daerah yang dikatagorikan 3T tidaklah mudah,perlu adanya rumusan kebijakan khusus  yang dikatakan daerah 3T agar dalam menyalurkan dana atau tenaga kerja didaerah 3T tidak salah sasaran.

“Tidak mudah lho kalau menentukan daerah 3T,tapi apapun yang terjadi akan kita lakukan”ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud.[rep/unf/adi]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.