Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19

Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19by Tabloid Pendidikan Onlineon.Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menetapkan tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada pertengahan Juli 2020. Namun, pelaksanaan tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama. Pembukaan kembali sekolah, terutama di wilayah zona hijau, akan […]

lbqd53p4

Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menetapkan tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada pertengahan Juli 2020. Namun, pelaksanaan tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama. Pembukaan kembali sekolah, terutama di wilayah zona hijau, akan dilakukan dengan sangat hati-hati dan tetap mengikuti protokol kesehatan di bidang pendidikan yang akan dibahas pekan depan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemdikbud Evy Mulyani dalam diskusi “Zoom with Primus” yang disiarkan langsung Beritasatu News Channel, Jumat (5/6/2020). Diskusi bertema “Siapkah Sekolah Dibuka?” juga menghadirkan tiga narasumber lain, yakni Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Unifah Rosyidi, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemkes), dokter Erna Mulati, dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi.

Ilustrasi belajar di rumah.

Ilustrasi belajar di rumah.

“Sering kali kita masih temukan kerancuan terkait dengan hal ini. Tahun ajaran baru masih disamakan dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah atau sekolah dibuka,” katanya.

Tahun ajaran baru yang dimaksud adalah dimulainya tahun pelajaran baru, tetapi bukan berarti pembukaan sekolah dilakukan secara otomatis, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Sampai saat ini, Kemdikbud belum mengeluarkan keputusan mengenai pembukaan kembali sekolah demi menjaga keamanan dan keselamatan siswa, guru, dan orang tua. Untuk itu, pembelajaran jarak jauh tetap menjadi pilihan selama masa pandemi Covid-19.

Pembukaan kembali sekolah, khususnya di wilayah zona hijau, akan dibahas Kemdikbud bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sedangkan protokol kesehatan di bidang pendidikan akan dibahas bersama Kemkes.

“Sekolah yang berada di zona hijau tidak serta merta bisa dibuka secara otomatis, tetapi melalui prosedur izin dan syarat yang ketat. Misalnya, sebuah sekolah berada di zona hijau, tetapi berdasarkan penilaian keseluruhan prosedur dan syarat, ternyata tidak layak untuk dibuka kembali, tentu harus tetap menjalankan pendidikan jarak jauh,” katanya.

Pembelajaran jarak jauh saat ini berbasis internet, menggunakan media televisi dan radio, serta berbagai modul yang bisa dipelajari secara mandiri. Model pembelajaran jarak jauh memerlukan kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua. Aktivitas dan tugas pembelajaran bisa dilakukan bervariasi disesuaikan dengan minat siswa, serta akses atau fasilitas belajar di rumah.

Meski sampai saat ini masih ditemui sejumlah kendala dalam pembelajaran jarak jauh, ada hal positif yang muncul, yakni tumbuhnya kolaborasi orang tua dengan guru. “Pada masa pandemi Covid-19 ini, orang tua mulai melihat dan memahami bahwa tidak mudah menjadi seorang guru. Pada masa pandemi ini dibutuhkan keterlibatan langsung orang tua dalam proses pembelajaran,” ujarnya.[BS]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.