KOMUNIKASI DENGAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI GAYA HIDUP SEHARI-HARI

KOMUNIKASI DENGAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI GAYA HIDUP SEHARI-HARIby Tabloid Pendidikan Onlineon.KOMUNIKASI DENGAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI GAYA HIDUP SEHARI-HARIArtikel Oleh NETTY RISMAYANTI, S.Pd, MP.d,Guru SMP Negeri 2 Kelapa Dua Kab. Tangerang Artikel,Pendidikan Plus – Diera Digital sekarang ini kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut setiap orang baik  dalam dunia kerja  maupun dalam kehidupan sosial mampu  berkomunikasi dengan bahasa Inggris karena bahasa Inggris ditetapkan sebagai  bahasa Internasional yang paling sering digunakan […]

lbqd53p4

Artikel Oleh

NETTY RISMAYANTI, S.Pd, MP.d,Guru SMP Negeri 2 Kelapa Dua Kab. Tangerang

Artikel,Pendidikan Plus – Diera Digital sekarang ini kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut setiap orang baik  dalam dunia kerja  maupun dalam kehidupan sosial mampu  berkomunikasi dengan bahasa Inggris karena bahasa Inggris ditetapkan sebagai  bahasa Internasional yang paling sering digunakan baik dalam kehidupan sosial, dalam dunia pendidikan, dunia bisnis maupun pemerintahan. Disadari atau tidak bahwa setiap orang pada umumnya mempergunakan alat komunikasi Handphone  bukan sekedar dipakai untuk telphon tetapi kebanyakan orang mempergunakan  sebagai media sosial melalui  Facebook, Instagram, Line, Hangout, WhatsApp, bahkan Google Terjemahan.

......Disadari atau tidak bahwa setiap orang pada umumnya mempergunakan alat komunikasi Handphone ...." NETTY RISMAYANTI, S.Pd, MP.d

……Disadari atau tidak bahwa setiap orang pada umumnya mempergunakan alat komunikasi Handphone ….” NETTY RISMAYANTI, S.Pd, MP.d

Dalam fitur-fitur di media sosial tersebut menggunakan fitur-fitur bahasa Inggris, sehingga jika tidak memahami kata-kata yang  berbahasa Inggris, bisa mempergunakan google terjemahan hanya dengan cara mengkopi kata-kata yang tidak atau kurang dipahami, sehingga bisa  menjadi gaya hidup dalam  komunikasi dengan mempergunakan bahasa Inggris meskipun sering kali ada pengucapaan kata dan kalimat yang kurang tepat. Rasa percaya diri berkomuniasi dengan sesama teman dengan melakukan percakapan (conversation) dapat membantu mempermudah kemampuan berbicara (speaking), juga harus memperbanyak kosa kata (vocabulary) sebagai perbendaharaan kata yang biasa digunakan setiap hari dalam percakapan.

Memiliki Tata bahasa Inggris (grammar) untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris ke level yang lebih tinggi misalnya grammar sederhana yang dapat dipelajari adalah mengenai noun, verb, to be, adjective, adverb, personal pronoun, tenses sederhana, seperti simple present tense, continuous tense, past tense future tense dan sebagainya. Dengan grammar dasar  dapat menjadi modal cukup untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris sebagai gaya hidup sehari-hari.

Sebaiknya di sekolah-sekolah, guru membiasakan diri menyampaikan salam kepada muridnya misalnya  dengan mengucapkan good morning (selamat pagi), good afternoon (selamat siang), how are you (apa kabar), see you (sampai jumpa) see you next week (sampai jumpa minggu depan) God bless you (Tuhan memberkatimu) dll. Keterbatasan waktu karena pekerjaan maupun kesibukan yang lainnya untuk dapat belajar bahasa Inggris tidak menjadi penghalang karena kapan dan dimanapun bisa belajar bahasa Inggris dengan mengikuti pembelajaran melalui Google terjemahan, YouTobe,  game online atau offline,  lagu-lagu bahasa Inggris dll.

Dengan rasa percaya diri yang tinggi dan antusias dan semangat,  berani  mempraktekkan berkomunikasi bahasa Inggris sebagai gaya hidup setiap hari  menjadi modal dasar untuk memudahkan belajar dan memperlancar berkomunikasi Bahasa Inggris.

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.