Kemendikbud Akan Uji Coba Penerapan UN Esai untuk SMP dan SMA

Kemendikbud Akan Uji Coba Penerapan UN Esai untuk SMP dan SMAby Tabloid Pendidikan Onlineon.Kemendikbud Akan Uji Coba Penerapan UN Esai untuk SMP dan SMAJogjakarta, TabloidPendidikan.Com – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan masih akan menguji coba penerapan Ujian Nasional (UN) berbentuk esai. Uji coba ini diperlukan sebelum UN esai diterapkan menyeluruh di SMP dan SMA. “(UN esai) masih uji coba, sebelum nanti diterapkan secara menyeluruh,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (14/12/2017). Muhadjir menjelaskan, […]

lbqd53p4

Jogjakarta, TabloidPendidikan.Com – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan masih akan menguji coba penerapan Ujian Nasional (UN) berbentuk esai. Uji coba ini diperlukan sebelum UN esai diterapkan menyeluruh di SMP dan SMA.

Soal UN 2018 Berbentuk Essai, Tak Hanya Pilihan Ganda

Soal UN 2018 Berbentuk Essai, Tak Hanya Pilihan Ganda

“(UN esai) masih uji coba, sebelum nanti diterapkan secara menyeluruh,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (14/12/2017).

Muhadjir menjelaskan, nantinya UN yang soalnya berbentuk esai jumlahnya tidak terlalu banyak. Bentuk soal esai, kata Muhadjir, nantinya akan banyak dijumpai di Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“UN esai tidak banyak kok, hanya soalnya beberapa saja,” jelasnya.

Karena nantinya USBN banyak terdapat soal berbentuk esai, pihaknya akan memaksimalkan peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk mengoreksi USBN. Caranya soal berbentuk esai tersebut akan dikorekasi satu per satu.

“Ada pedomannya (dalam mengoreksi),” ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), kata Muhadjir, penerapan soal berbentuk esai belum memungkinkan diterapkan. Terkecuali UNBK telah didesain sesuai dengan program komputer.

“(Kecuali) UN nanti soalnya kami desain, sehingga bisa dideteksi oleh analisis komputer,” kata Mendikbud. [Dtk]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.