Cara Daftar Akun LTMPT Seleksi UTBK untuk SBMPTN 2020

Cara Daftar Akun LTMPT Seleksi UTBK untuk SBMPTN 2020by Tabloid Pendidikan Onlineon.Cara Daftar Akun LTMPT Seleksi UTBK untuk SBMPTN 2020Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Bagi calon perserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), diharuskan melakukan registrasi akun terlebih dahulu di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok […]

lbqd53p4

Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Bagi calon perserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), diharuskan melakukan registrasi akun terlebih dahulu di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

LTMPT SNMPTN

LTMPT SNMPTN

Kelompok ujian pada UTBK sendiri dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Dalam melakukan registrasi di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tersebut, pertama-tama melakukan registrasi di laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 17 Februari hingga 5 April 2020. Dalam registrasi itu diharuskan mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal kelahiran.

Kemudian melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Setelah itu pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Setelah melalui tahapan di atas, maka pilihlah menu pendaftaran UTBK. Lalu pilih sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Sebelum melakukan langkah selanjutnya, maka terlebih dahulu melakukan pembayaran di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip yang diberikan, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran tersebut dapat dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Biaya yang ditanggung oleh peserta UTBK adalah Rp200 ribu untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum; Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

Setelah melakukan pembayaran itu, maka calon peserta dapat mencetak kartu peserta UTBK di laman web semula.

Tahapan selanjutnya, peserta mengikui jadwal seleksi sebagaiman yang telah ditentukan dan lokasi yang dipilih. Adapun pengumuman UTBK 2020 dapat dilihat secara serentak pada 12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB. [AA]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.