Komitmen KONI NTT Untuk Olahraga Prestasi

Komitmen KONI NTT Untuk Olahraga Prestasiby Tabloid Pendidikan Onlineon.Komitmen KONI NTT Untuk Olahraga PrestasiKupang, TabloidPendidikan.Com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipimpin oleh Drs. Frans Lebu Raya selaku Ketua Umum dan Ir. Andre W. Koreh, MT sebagai ketua harian telah berbuat yang terbaik bagi olahraga prestasi NTT pada tahun 2016. Keikutsertaan Kontingen NTT pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung-Jawa […]

lbqd53p4

Kupang, TabloidPendidikan.Com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipimpin oleh Drs. Frans Lebu Raya selaku Ketua Umum dan Ir. Andre W. Koreh, MT sebagai ketua harian telah berbuat yang terbaik bagi olahraga prestasi NTT pada tahun 2016.

Atlet KEMPO NTT

Atlet KEMPO NTT

Keikutsertaan Kontingen NTT pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung-Jawa Barat telah menempatkan NTT di urutan 18 dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan memperoleh 7 medali emas, 7 medali perak dan 9 medali perunggu, KONI NTT mengungguli 16 provinsi. Prestasi tersebut merupakan yang pertama kali terjadi sejak keikutsertaan kontingen NTT di PON.

Prestasi terbaik para atlet NTT di PON XIX pada tahun 2016 tersebut disambut baik oleh Gubernur, DPRD, KONI dan seluruh masyarakat NTT. Bahkan komitmen Ketua Umum dan Harian KONI NTT telah sepakat untuk setiap atlet yang memperoleh medali apa saja memperoleh bonus berupa uang dan satu buah rumah type 36, yang membedakan hanyalah jumlah uang untuk setiap peraih medali. Sedangkan khusus untuk para pelatih mendapatkan 50% dari bonus uang yang diperoleh masing-masing peraih medali, demikian komitmen tersebut dan sudah direalisasikan, sehingga tahun 2017 diharapkan semua atlet peraih medali, baik atlet PON dan PEPARNAS NTT akan segera realisasikan bonusnya berupa satu buah rumah type 36.

Komitmen pemberian bonus satu buah rumah untuk semua atlet peraih medali di PON dan PEPARNAS yang dilakukan oleh Pemerintah dan KONI NTT merupakan sejarah baru pemberian bonus di Indonesia.

Hal tersebut tidak menyalahi standar pemberian bonus yang telah ditentukan oleh Undang-Undang dan juga Deputi yang mengelola pemberian bonus di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Walaupun menurut perhitungan bahwa Provinsi NTT peringkat ke-3 daerah termiskin di Indonesia, namun tidak miskin prestasi dan juga tidak miskin dalam pemberian penghargaan kepada para atlet dan pelatih olahraga yang telah berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat Provinsi NTT di level nasional dan internasional.

Perjalanan prestasi olahraga Provinsi NTT pada tahun 2017 masih misteri. Untuk itu, Frans Lebu Raya dan Andre Koreh selaku Ketua Umum dan Harian KONI NTT segera mengambil langkah cepat dan strategis untuk melakukan rapat evaluasi berkaitan dengan tahapan persiapan program pembinaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk setiap cabang olahraga, baik kategori super prioritas, prioritas ditingkatkan dan dikembangkan yang bernaung secara sah di tubuh KONI NTT.

Pembenahan sisi organisasi induk olahraga yang telah demisioner di tubuh KONI NTT juga sudah mulai untuk secepatnya dilakukan musda untuk segera memilih kepengurusan yang baru. Bahkan cabang-cabang olahraga yang baru seperti Gate Ball, Wushu telah secara resmi diterima dan kemungkinan besar akan dipersiapkan menuju PON XX tahun 2020 di Papua. Untuk itu, konsentrasi KONI NTT tidak saja diarahkan pada program pembinaan semata, tetapi pada aras manajemen dan organisasi olahraga setiap induk organisasi yang bernaung di bawah KONI NTT juga tetap mendapat perhatian.
KONI NTT melalui Frans Lebu Raya dan Andre Koreh telah berkomitmen untuk mendukung Persaudaraan Kempo Indonesia (PERKEMI) NTT yang akan mempersiapkan diri untuk mewakili Indonesia menuju kejuaraan dunia Kempo di negara yang baru melantik Presidennya Donald Trump yaitu Amerika Serikat pada bulan Juli tahun 2017.

Kempo NTT telah mengukir prestasi nasional yang fenomenal pada PON XIX di Bandung-Jawa Barat pada bulan September 2016. Kempo NTT berhasil meraih 7 medali emas. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang sangat menghipnotis Kempo Indonesia. Semua orang bertanya-tanya ada apa dengan Kempo NTT? Siapakah figur terbaik Kempo yang dimikili NTT? Mengapa NTT memiliki cabang olahraga Kempo hebat?

Jawabannya adalah Barnabas Ndjurumana (Simpai Nabas), sosok tegas, disiplin dan merupakan tokoh terkemuka yang membuat Kempo NTT menjadi besar.

Kapasitas Simpai Nabas tidak bisa diragukan lagi. Kempo Indonesia mengakui pola pembinaan yang dilakukan oleh Kempo NTT, berjenjang dan berkelanjutan dengan kompetisi yang teratur membuat Kempo NTT tidak pernah kekurangan atlet. Setiap kejuaraan nasional Kempo NTT selalu menduduki peringkat pertama (juara Umum). Akhirnya Indonesia memilih Perkemi NTT untuk mengikuti kejuaraan dunia di Amerika Serikat. Inilah sebuah penghargaan yang bukan diberikan karena nepotisme, namun faktalah yang memilih Perkemi NTT menjadi yang terbaik di Indonesia.

Kerendahan hati, disiplin, kerja keras, persaudaraan membuat Kempo NTT memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan organisasi olahraga lainnya di NTT dan Indonesia. Karakter pantang mundur dan menyerah dan selalu santun kepada sesama, itulah yang membuat Kempo NTT selalu menjadi contoh cabang olahraga yang tidak pernah miskin prestasi.

KONI NTT tetap terus mendukung setiap cabang olahraga yang berkomitmen untuk meningkatkan prestasi, dalam rangka mengangkat harkat dan martabat olahraga di level nasional dan internasional. Perjuangan untuk berprestasi harus lahir dari dalam diri organisasi, pengurus, pelatih, atlet dan semua pihak yang memiliki komitmen yang sama. Jika dicermati secara baik, cabang olahraga di NTT yang selalu berprestasi adalah cabang olahraga beladiri dan atletik, sedangkan untuk cabang olahraga permainan masih butuh pola pembinaan yang terus-menerus dengan pola pembinaan organisasi solid.

Pada prinsipnya KONI NTT sebagai organisasi olahraga prestasi tertinggi di bumi Flobamora akan terus memberi support yang positif demi peningkatkan prestasi dari setiap induk cabang olahraga. Hanya orang yang memiliki komitmen dan mau berkorban sajalah yang mampu untuk mengurus olahraga prestasi. Untuk itu, marilah sehati sesuara dan setujuan dalam meraih prestasi olahraga di tahun 2017 untuk NTT tercinta. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Salam olahraga jaya. NTT BISA! [PKP]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.