Wujudkan Koperasi Kuat, KPRI Bahtera Gelar Diklat Perkoperasian

Wujudkan Koperasi Kuat, KPRI Bahtera Gelar Diklat Perkoperasianby Tabloid Pendidikan Onlineon.Wujudkan Koperasi Kuat, KPRI Bahtera Gelar Diklat PerkoperasianMojokerto, TabloidPendidikan.Com – Dalam rangka mewujudkan koperasi yang semakin kuat dan maju, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bahtera SMKN 3 Buduran  Sidoarjo menyelenggarakan Diklat Perkoperasian bagi pengurus, pengawas dan anggota selama dua hari yaitu hari Jumat-Sabtu tanggal  15-16 Desember 2017 di Hotel Puncak Ayanna Trawas Mojokerto. Ketua KPRI Bahtera, Dra. Luluk Afifah, menyampaikan bahwa acara […]

lbqd53p4

Mojokerto, TabloidPendidikan.Com – Dalam rangka mewujudkan koperasi yang semakin kuat dan maju, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bahtera SMKN 3 Buduran  Sidoarjo menyelenggarakan Diklat Perkoperasian bagi pengurus, pengawas dan anggota selama dua hari yaitu hari Jumat-Sabtu tanggal  15-16 Desember 2017 di Hotel Puncak Ayanna Trawas Mojokerto.

Kepala Sekolah SMKN 3 Buduran Sidoarjo yang sekaligus Pembina Koperasi, Drs. Asmunir, MM

Ketua KPRI Bahtera, Dra. Luluk Afifah, menyampaikan bahwa acara tersebut sesuai dengan program kerja koperasi penting untuk dilaksanakan agar seluruh komponen koperasi khususnya anggota mempunyai pemahaman yang lebih baik tentang koperasi sehingga dapat meningkat partisipasi dan rasa kepemilikannya terhadap koperasi.

“KPRI Bahtera menyelenggarakan kegiatan ini secara khusus dengan persiapan yang matang agar para anggota dapat menikmati proses belajar dengan sekaligus refreshing pasca pembagian raport,” jelas perempuan yang akrab disapa Luluk.

Makanya selain diklat koperasi ada outbound bagi semua anggota dengan harapan setelah ini seluruh komponen koperasi lebih kompak bersatu membangun koperasi yang lebih kuat dan maju.

Kepala Sekolah SMKN 3 Buduran Sidoarjo yang sekaligus Pembina Koperasi, Drs. Asmunir, MM menegaskan bahwa diklat ini penting untuk menambah pengetahuan dan kesadaran dalam berkoperasi, tetapi yang lebih penting lagi adalah pengetahuan yang telah didapat ini dibuktikan secara nyata dalam peningkatan partisipasi baik dalam melakukan simpanan maupun dalam bertransaksi dengan koperasi.

“Apa yang telah disampaikan narasumber telah menambah pengetahuan dan inspirasi kita dalam mengembangkan koperasi, saya menyarankan kepada pengurus untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan dan melayani anggota, begitu juga anggota setelah tahu betapa besar manfaatnya berkoperasi bagi para guru seharusnya setelah diklat lebih meningkat partisipasinya baik dalam permodalan dan volume transaksinya ditingkatkan. Saya dan keluarga InsyaAllah akan menjadi yang pertama untuk lebih banyak belanja di Koperasi Toko modern kita (PAL Mart) dan semoga bisa diikuti oleh seluruh anggota koperasi,” tukas Asmunir.

Ditempat yang sama, salah satu narasumber dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (LAPENKOP) Dekopin Wilayah Jatim, Moh Faishol Chusni, mengapresiasi apa yang dilakukan KPRI Bahtera. Menurutnya itu harus menjadi inspirasi bagi gerakan koperasi lain karena memberikan pendidikan perkoperasian. Kedepan, keberadaan koperasi ini bisa memberi nilai tambah tidak hanya bagi anggotanya tapi bisa menjadi rujukan bagi yang lainnya.

” Sebab pendidikan dan pelatihan ini merupakan cara membangun rasa memiliki bagi koperasi,” jelas Chusni.

Berdasarkan laporan perkembangan koperasi, dirinya melihat tren yang positif dari sisi pembukuan unit usaha ritel modern (PAL Mart), volume transaksi yang terus meningkat, partisipasi modal yang sekarang benar-benar mandiri karena modal koperasi murni dari anggota (tidak tergantung modal pihak ketiga). ” Kekompakan semua komponen koperasi serta yang tidak kalah penting adalah dukungan Kepala Sekolah dan jajarannya, Ini menandakan semua modal koperasi untuk terus berkembang sudah dalam genggaman. LAPENKOP-DEKOPIN Wilayah Jawa Timur beserta dengan pengurus Dekopinda Kabupaten Sidoarjo insyaAllah siap mendukung KPRI Bahtera terus maju berkembang kedepan menuju KPRI yang benar-benar mensejahterakan Guru,” pungkas pria asli Gresik ini. [Kang]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.