Kopindo Berharap Kemenkop Serius Perkuat SDM Koperasi dan UKM

Kopindo Berharap Kemenkop Serius Perkuat SDM Koperasi dan UKMby Tabloid Pendidikan Onlineon.Kopindo Berharap Kemenkop Serius Perkuat SDM Koperasi dan UKMJakarta, TabloidPendidikan.Com – Koperasi Pemuda Indonesia melakukan FGD (Forum Grup Discussion) tentang Merancang pola Pengembangan Sumber Daya Manusia Koperasi dan UKM Serta Peran Pemerintah dalam Mendukung Akselerasi SDM yang Berdaya Ungkit Global, di kantor Pusat Kopindo di jakarta, (21/01/18) Dalam beberapa kesempatan Menteri koperasi menyebutkan bahwa Performa koperasi dan UKM di Indonesia mengalami peningkatan yang […]

lbqd53p4

Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Koperasi Pemuda Indonesia melakukan FGD (Forum Grup Discussion) tentang Merancang pola Pengembangan Sumber Daya Manusia Koperasi dan UKM Serta Peran Pemerintah dalam Mendukung Akselerasi SDM yang Berdaya Ungkit Global, di kantor Pusat Kopindo di jakarta, (21/01/18)

FGD Dikantor Pusat Kopindo

FGD Dikantor Pusat Kopindo

Dalam beberapa kesempatan Menteri koperasi menyebutkan bahwa Performa koperasi dan UKM di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan, menurutnya pencapaian itu di topang akibat naiknya rasio kewirausahaan  Indonesia. Dimana pada tahun 2013, rasionya masih sebesar 1,55% dan pada 2016 meningkat menjadi 3,01%. Peningkatan ini menunjukkan adanya peningkatan rasio tingkat aktivitas kewirausahaan sebesar 1,46% dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dan di targetkan pada tahun 2019 mencapai sebesar 5%.

Dalam Paparannya Sekertaris Umum Kopindo Mohammmad Risal Mengatakan, “Kita perlu mengapreasiasi kinerja Pemerintah dalam Hal ini kementerian Koperasi dan UKM dalam mendorong pertumbuhan rasio kewirausahaan, akan tetapi perlu juga kita ingatkan bahwa peningkatan SDM Koperasi dan UKM jauh lebih penting, karena apa gunanya kita mengejar angka pertumbuhan jika tidak dibarengi dengan komitmen pengembangan SDM nya”.

“Sebagai contoh Jumlah UKM kita memang meningkat secara angka, tetapi ketika tidak di imbangi dengan kualitas SDM yang mumpuni maka hal ini akan berdampak pada produk yang dihasilkan kurang berkualitas, artinya fungsi Sumberdaya manusia yang mumpuni dapat menghasilkan produktifitas dan inovasi, Koperasi dan UKM kita miskin itu semua” Ungkap Risal

“Kemudian dari sisi penggunaan teknologi Koperasi dan UKM kita masih kalah jauh dengan negara – negara lain. Data menunjukkan bahwa produk impor menguasai 60% pasar ecommerce dalam negeri, sedangkan peredaran produk ukm kita hanya dikisaran 40% dipasar ecommerce, ini menunjukan bahwa Koperasi dan UKM kita lemah dalam penguasaan pasar dan teknologi.

Menyikapi hal tersebut, maka penguatan SDM sangat diperlukan terutama di bidang kompetensi SDM seperti knowledge, skill dan ability serta penguasaan teknologi. Pengembangan SDM harus dilakukan tidak hanya pada UKM sebagai pemilik usaha, tetapi juga para pekerjanya. Semangat kewirausahaan dan peningkatan produktivitas yang didukung pengembangan teknologi menjadi penting dalam fokus penguatan.

Pihaknya berharap penguatan SDM Koperasi dan UKM yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM betul – betul serius tepat sasaran serta menyentuh pada peningkatan daya produktifitas dan Inovasi. Konsep penguatan SDM Koperasi dan UKM perlu di rumuskan secara serius, kita juga berharap pelaksanaan penguatan SDM tidak dilakukan secara sporadis yang pada akhirnya hanya berujung sekedar menjalankan program. Sampai saat ini kita belum mampu menangkap rumusan penguatan SDM Koperasi dan UKM dari kementerian koperasi, sehingga wajar jika produk Koperasi dan UKM kita belum mampu bersaing. Ungkap Risal. [AK11]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.