China Coop, Mengentaskan Kemiskinan Melalui Koperasi

China Coop, Mengentaskan Kemiskinan Melalui Koperasiby Tabloid Pendidikan Onlineon.China Coop, Mengentaskan Kemiskinan Melalui KoperasiArtikel, TabloidPendidikan.Com – All Federation Supplay and Marketing Cooperatives atau biasa di sebut China Coop didirikan tahun 1954 saat dilaksanakan kongres nasional pertama, merupakan koperasi yang besar. China Coop sebagai organisasi tunggal koperasi di China mempunyai 32 federasi di tingkat provinsi, 342 federasi ditingkat perfektur (kabupaten) 2.402 federasi di tingkat county (desa) dan 30.281 koperasi […]

lbqd53p4

Artikel, TabloidPendidikan.Com – All Federation Supplay and Marketing Cooperatives atau biasa di sebut China Coop didirikan tahun 1954 saat dilaksanakan kongres nasional pertama, merupakan koperasi yang besar.

China Coop sebagai organisasi tunggal koperasi di China mempunyai 32 federasi di tingkat provinsi, 342 federasi ditingkat perfektur (kabupaten) 2.402 federasi di tingkat county (desa) dan 30.281 koperasi primer. China coop telah menciptakan lebih dari 3,45 juta pekerjaan secara nasional.

Saat mengunjungi proyek China Coop, Koperasi Peternak Ayam Petelur yang mempunyai 75 anggota peternak di Sanya China

Saat mengunjungi proyek China Coop, Koperasi Peternak Ayam Petelur yang mempunyai 75 anggota peternak di Sanya China

Struktur China Coop didukung oleh grup bisnis yang antara lain bergerak di pertanian, perdagangan, kapas, real astate, investasi, industri kain, e-commerce, finance, villa and resorts, produk daur ulang, dll ada 14 perusahaan dan bisnis subsidiaris yang menopang bisnis China Coop.

Selain itu China Coop juga mempunyai afiliasi dengan 14 lembaga peneilitian/pengkajian dan media yang menopang pengembangan koperasi, sdm, penelitian.

Dalam menggerakan organisasi dan bisnisnya China Coop juga kerjasama dengab 14 asosiasi/komunitas bisnis seperti asosiasi produk lebah China, pemasaran teh China, pemasaran buah China dll.

China Coop mempunyai kekuatan ekonomi yang besar dan mampu menggerakan roda bisnis dan organisasi koperasi sebagai pelaku ekononi yang sangat kuat untuk mewujudkan kesejahteran anggota atau masyarakat yang terlibat. China Coop tahun 2017 mempunyai total pendapatan sebesar 1 trilyun Yuan atau sekitar Rp. 2.100 trilyun. Sebuah bisnis besar di negara berpenduduk besar dunia.

China Coop mengentaskan kemiskinan

China Coop mendapatkan tugas untuk membantu mengantaskan kemiskinan. Maka China Coop menyusun strategi terpadu melalui kebijakan a). Kebijakan yang jelas, b). Tujuan jelas, c). Target yg tepat dan d). Evaluasi secara menyeluruh sampai ke dampak atas program yang di tetapkan.

Untuk newujudkan kebijakan tersebut maka China Coop merumuskan program kegiatan sebagai begikut: a). Membangun industri di desa sesuai dengan potensi ekonominya, b). Membantu pendidikan, c). Mendukung layanan kesehatan dan d). Memberikan kredit pertanian melalui pendampingan dan off taker atas produk yang dihasilkan melalui koperasi di tingkat county/desa.

Kegiatan ini dijalankan dengan konsisten oleh China Coop sehingga sampai tahun 2017 program ini telah memberikan layanan kepada 700 juta orang yang terlibat dalam program pengentasan kemiskinan oleh China Coop.

Pada sisi ini China Coop juga membuat pilot projek yang melibatkan masyarakat pada county/desa, saya melihat di Sanya Hainan didirikan bisnis ayam petelur sebagai pusat bisnis, pendidikan dan pembinaan kepada sebanyak 75 anggota untuk produk ayam petelur.

China Coop menjadi off taker atas telur yang di hasilkan anggota, namun jika harga telur dipasar baik maka anggota bisa menjual langsung ke pasar. Peran China Coop pada sisi pemberdayaan ekonomi untuk mengentaskan kemiskinan tersebut adalah: a). Pusat pendidikan dan pembinaan anggota, b). Supliyer bibit ayam, pakan, obat dan teknologi, c). Menjadi off taker produk anggota, d). Menjual produk anggota ke pasar serta e). Menjadi pembina untuk keberdayaan ekonomi.

Penulis :

DR. Agung Sudjatmoko (Ketua Harian Dekopin Pusat)

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.