Waspada Terhadap Kadar Kolesterol Tinggi

Waspada Terhadap Kadar Kolesterol Tinggiby Tabloid Pendidikan Onlineon.Waspada Terhadap Kadar Kolesterol TinggiKarawaci,TabloidPendidikan.Com – Di bulan puasa penuh berkah ini ada baiknya masyarakat mendeteksi tingkat kolesterol tubuh agar tetap dalam keadaan sehat. Guna membahasnya lebih dalam, Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang mengelar seminar khusus untuk masyarakat awam dengan tema “Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi” pada Sabtu (10/6). Hal ini guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bahayanya kolesterol jahat […]

lbqd53p4

Karawaci,TabloidPendidikan.Com – Di bulan puasa penuh berkah ini ada baiknya masyarakat mendeteksi tingkat kolesterol tubuh agar tetap dalam keadaan sehat. Guna membahasnya lebih dalam, Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang mengelar seminar khusus untuk masyarakat awam dengan tema “Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi” pada Sabtu (10/6).

Seminar "Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi" yang digelar Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Sabtu, 10 Juni 2017.

Seminar “Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi” yang digelar Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, Sabtu, 10 Juni 2017.

Hal ini guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bahayanya kolesterol jahat dalam darah, serta upaya meningkatkan kepedulian masyarakat agar rajin mengontrol kolesterolnya sesuai petunjuk dan nasihat dokter.

Dr. Jeffry Oeswadi, MARS, Vice Chief Executive Officer Siloam Hospitals Lippo Village mengatakan seminar dengan topik kolesterol ini penting sekali mengingat banyak masyarakat yang masih kurang peduli dengan kesehatannya. Kolesterol tinggi bisa berakibat fatal, seperti serangan jantung dan stroke.

“Harapan kami, melalui acara ini maka informasi mengenai pentingnya kontrol kolesterol darah akan meningkat. Dengan layanan medis yang tersedia kami mengimbau masyarakat luas untuk peduli dan rajin mengkontrol kadar kolesterol. Ikuti petunjuk dokter untuk rutin memeriksa kolesterol. Jika hasilnya tinggi, kontrol dengan pola makan makanan sehat dan rajin olah raga,” ujar Jeffry dalam keterangannya.

Sebagai pembicara yaitu spesialis jantung, Dr. dr. Antonia Anna Lukito, SpJP, dan spesialis penyakit dalam dr. Mozes LJ Silaban, SpPD mengajak masyarakat untuk jaga-jaga dengan kondisi dan kadar kolesterol darahnya.

Antonia menjelaskan penderita kolesterol kebanyakan datang ke poli jantung dan mereka 87 persen bermasalah pada kolesterol. Penyakit ini berhubungan langsung dengan jantung dan pembuluh darah. Makanya pihak rumah sakit selalu menganjurkan untuk selalu waspada bila sudah terkena kolesterol karena bisa merembet ke penyakit lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

“Penyebab kolesterol 25 persen berasal dari faktor makanan dan 75 persen dibuat sendiri dari liver yang tentunya bahan dasarnya dari tubuh orang itu sendiri dari makanan juga. Jadi pemicu utamanya adalah makanan yang sembarang. Makanan nonkolesterol pun bisa jadi pemicunya bila dikonsumsi secara berlebih,” ungkap Anna.

Sebagai dokter spesialis jantung, ia menerangkan bahwa pasien jantung disebabkan berbagai faktor risiko selain kolesterol, yakni darah tinggi, kencing manis, merokok dan kegemukan.

Untuk itu, agar tidak terkena kolesterol, masyarakat dianjurkan cukup memakan sayur-sayuran yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang baik untuk tubuh dan tidak membentuk kolesterol. Sementara daging yang berasal dari hewan pastinya bersifat kolesterol, namun ada tingkatannya, khususnya yang berlemak.

“Saran saya cara makan kita dijaga dengan menghindari makanan yang digoreng dengan minyak banyak, makanan bersantan, jeroan, dan seafood. Makanan yang baik harus diperhatikan gizinya yang memiliki adanya protein, lemak baik, karbohidrat dan sayuran. Ini menu yang komplet kombinasinya dan baik di bulan puasa ini. Jaga selalu berat badan dan pola hidup sehat,” ungkapnya. Antonia juga mengakui orang yang terkena kolesterol itu biasanya tanpa gejala.

Senada dengan itu, Mozes mengatakan kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

Masyarakat awam mengetahui bahwa ada dua jenis kolesterol dalam kandungan darah kita, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol yang jahat (LDL). Kadar kolesterol LDL tinggi (hiperkolesterolemia) adalah kondisi ketika tingkat kolesterol dalam darah lebih tinggi dari normal yang dibutuhkan tubuh.

“Kelebihan kadar kolesterol jahat ini, bisa berakibat negatif bagi penderitanya. Makanya kita harus berhati-hati dan periksa kolesterol Anda,” sarannya. [BS]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.