Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Impor Garam

Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Impor Garamby Tabloid Pendidikan Onlineon.Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Impor GaramJakarta,TabloidPendidikan.Com – Penyidik Dit Tipideksus Bareskrim menetapkan petinggi PT Garam di wilayah Gresik Jawa Timur sebagai tersangka korupsi, terkait merembesnya garam industri menjadi garam konsumsi. “Pada April 2017 PT Garam melakukan importasi garam industri sebanyak 75.000 ton setelah mendapatkan Izin impor dari Kementerian Perdagangan. Namun belakangan garam industri yang diimpor tersebut kemudian diperdagangkan dan dipindahtangankan,” […]

lbqd53p4

Jakarta,TabloidPendidikan.Com Penyidik Dit Tipideksus Bareskrim menetapkan petinggi PT Garam di wilayah Gresik Jawa Timur sebagai tersangka korupsi, terkait merembesnya garam industri menjadi garam konsumsi.

Petugas memeriksa garam milik PT Garam (persero) yang disegel di dalam gudang oleh Tim Satgas Pangan Mabes Polri di Gresik, Jawa Timur, 7 Juni 2017.

Petugas memeriksa garam milik PT Garam (persero) yang disegel di dalam gudang oleh Tim Satgas Pangan Mabes Polri di Gresik, Jawa Timur, 7 Juni 2017.

“Pada April 2017 PT Garam melakukan importasi garam industri sebanyak 75.000 ton setelah mendapatkan Izin impor dari Kementerian Perdagangan. Namun belakangan garam industri yang diimpor tersebut kemudian diperdagangkan dan dipindahtangankan,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Agung Setya, Rabu (7/6).

Garam yang jatuh ke pihak lain itu lalu diolah menjadi garam konsumsi dan dijual di pasaran. Hal ini bertentangan dengan Peraturan Menteri Pedagangan nomor 125 tahun 2015 Pasal 10 yang melarang hal tersebut.

“PT Garam juga melakukan pengolahan garam industri untuk dikemas kemudian dijual ke konsumen. Penyidik telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi, dan analisa dokumen,” sambung Agung.

Dari hasil gelar perkara penyidik telah menetapkan dua tersangka yang harus bertanggung jawab atas tindak pidana tersebut. Penyidik juga masih mendalami dugaan pelanggaran dokumen yang menjadi dasar importasi tersebut.

“Pasal yang dipersangkakan UU Perlindungan Konsumen dan UU Tindak Pidana Korupsi serta UU Pencegahan & Pemberantasan TPPU (tindak pidana pencucian uang),” sambung Agung namun belum mau menjelaskan apakah tersangka itu adalah jajaran direktur PT Garam. [BS]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.