Pernah Tak Hadiri Hari Pers Nasional, Jokowi: Saya Kapok

Pernah Tak Hadiri Hari Pers Nasional, Jokowi: Saya Kapokby Tabloid Pendidikan Onlineon.Pernah Tak Hadiri Hari Pers Nasional, Jokowi: Saya KapokBanjarbaru, TabloidPendidikan.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang dipusatkan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. HPN mengangkat tema “Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara”. Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menceritakan pernah sekali tidak menghadiri acara HPN dan itu membuatnya kapok. Namun, ia tidak menjelaskan hal apa […]

lbqd53p4

Banjarbaru, TabloidPendidikan.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang dipusatkan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. HPN mengangkat tema “Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara”.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menceritakan pernah sekali tidak menghadiri acara HPN dan itu membuatnya kapok. Namun, ia tidak menjelaskan hal apa yang membuatnya kapok absen menghadiri peringatan HPN.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Sabtu (8/2/2020). ( Foto: B1/Primus Dorimulu )

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Sabtu (8/2/2020). ( Foto: B1/Primus Dorimulu )

“Setiap ada peringatan Hari Pers Nasional, Saya berusaha keras untuk hadir. Saya pernah tidak hadir sekali. Setelah itu kapok betul,” kata Jokowi dalam peringatan HPN di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Namun yang pasti, sejak saat itu, mantan wali kota Solo ini berupaya keras untuk selalu hadir dalam acara puncak HPN setiap tahun. Meski agendanya sebagai kepala negara sangat padat, ia berupaya meluangkan waktu untuk hadir dalam peringatan HPN.

Seperti yang dilakukannya hari ini. Seharusnya, Presiden Jokowi sudah menempuh perjalanan ke Canberra, Australia. Namun, perjalanannya dibelokkan ke Kota Banjarbaru untuk menghadiri acara HPN 2020.

“Karena memang mengatur waktu sangat sulit. Begutu juga hari ini seharusnya sudah terbang ke Canberra, tetapi belok ke sini dahulu, karena kapok tadi. Perjalanan ke Canberra saya belokkan ke Banjarbaru. Ini demi insan pers,” ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan alasannya harus hadir dalam setiap peringatan HPN, karena insan pers adalah temannya sehari-hari. Ke mana pergi, yang selalu mengikutinya adalah insan pers.

“Mengapa saya harus hadir? Karena insan pers adalah teman saya sehari-hari. Kenapa seperti itu, karena ke mana pun saya pergi, yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan, menteri kadang-kadang enggak, tetapi wartawan selalu ikut,” terang Jokowi.

Tidak hanya itu, wartawan pulalah yang kerap kali menyebabkan dia gugup atau gagap karena tidak siap saat ditanya sesuatu.

“Yang mengejar saya sehari-hari, yang mengadang saya doorstop, yang menyebabkan saya kadang-kadang gugup dan gagap karena enggak siap ditanya sesuatu, juga insan pers. Yang membuat berita kegiatan saya, pemerintah, untuk sampai kepada masyarakat juga insan pers,” ungkapnya.

Meski kerap dibikin gugup, tetapi mantan gubernur DKI Jakarta ini tetap merasa para wartawan dan insan pers selalu di hati dan kehadiran mereka selalu dirindukannya.

”Jadi berhadapan dengan Insan pers, saya itu bukan benci, tetapi rindu, tetapi selalu di hati dan selalu rindu. Saya ingin menyampaikan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di mana pun berada,” ucap Jokowi. [BS]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.