Partisipasi Pemilih Berpotensi Merosot di Pilkada 2020

Partisipasi Pemilih Berpotensi Merosot di Pilkada 2020by Tabloid Pendidikan Onlineon.Partisipasi Pemilih Berpotensi Merosot di Pilkada 2020Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menegaskan, sosialiasi Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2020 sangat penting. Tujuannya agar partisipasi pemilih tetap terjaga. “Satu yang menjadi pesan terpenting adalah soal sosialiasi dengan cara-cara yang baru dan mampu beradaptasi dengan pandemi Covid-19 agar paritispasi terjaga,” kata Arif dalam diskusi “Mengawal Demokrasi Di Tengah Pandemi, […]

lbqd53p4

Jakarta, TabloidPendidikan.Com – Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menegaskan, sosialiasi Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2020 sangat penting. Tujuannya agar partisipasi pemilih tetap terjaga.

“Satu yang menjadi pesan terpenting adalah soal sosialiasi dengan cara-cara yang baru dan mampu beradaptasi dengan pandemi Covid-19 agar paritispasi terjaga,” kata Arif dalam diskusi “Mengawal Demokrasi Di Tengah Pandemi, Menakar Kesiapan Pilkada Serentak 2020”, Jumat (5/6/2020).

Meski kecenderungan partisipasi akan merosot, Arif berharap jumlahnya tidak terlalu signifikan. Arif menyatakan, sosialisasi secara teknis memang menjadi tanggung jawab penyelenggara pilkada.

Ilustrasi kampanye

Ilustrasi kampanye

“Sosialiasi jadi tanggung jawab penyelenggara. Partai-partai dan pasangan calon kepala daerah memang didorong ikut membantu,” ungkap wakil sekretaris jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Arif menuturkan, sebelum pandemi berlangsung, berdasar riset yang dihimpun, partisipasi pemilih memang mengkhawatirkan. Masyarakat yang mengetahui pelaksanaan pilkada hanya 40-70%

“Sosialiasi Ini harus menjadi atensi agar kita bisa laksanakan pilkada seperti dalam kondisi normal walau tidak normal. Partai-partai tentu harus bersiap diri untuk menghadapi pilkada dengan cara-cara yang baru. Cara-cara yang tidak mendasarkan pada keutamaan pada mobilisasi massa,” kata Arif.

Arif pun menyebut, “Tentu tidak mudah. Kekhawatirannya di daerah-daerah yang partai tidak punya kader sebagai petahana, maka akan jadi tantangan berat. Sebab urusan sosialisasi bukan sesuatu yang mudah di tengah situsai pandemi.” [BS]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.