Imbas Penghentian Umrah, Ganjar: Jangan Sampai Dimanfaatkan Biro Nakal

Imbas Penghentian Umrah, Ganjar: Jangan Sampai Dimanfaatkan Biro Nakalby Tabloid Pendidikan Onlineon.Imbas Penghentian Umrah, Ganjar: Jangan Sampai Dimanfaatkan Biro NakalSemarang, TabloidPendidikan.Com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta pihak Kementerian Agama (Kemag) untuk menjelaskan kepada masyarakat, khususnya jemaah umrah mengenai penghentian sementara oleh Kerajaan Arab Saudi. Ganjar khawatir momen ini dimanfaatkan biro perjalanan nakal dengan mengutip biaya tambahan bagi calon jemaah. “Saya minta tolong Kemag Jateng komunikasi dengan para penyelenggara (umrah) untuk dibicarakan dengan para jemaah, […]

lbqd53p4

Semarang, TabloidPendidikan.Com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta pihak Kementerian Agama (Kemag) untuk menjelaskan kepada masyarakat, khususnya jemaah umrah mengenai penghentian sementara oleh Kerajaan Arab Saudi. Ganjar khawatir momen ini dimanfaatkan biro perjalanan nakal dengan mengutip biaya tambahan bagi calon jemaah.

“Saya minta tolong Kemag Jateng komunikasi dengan para penyelenggara (umrah) untuk dibicarakan dengan para jemaah, sampaikan apa yang terjadi,” kata Ganjar Pranowo Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/2/2020).

Ilustrasi melempar jamrah

Ilustrasi melempar jamrah

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi melarang masuk jemaah umrah dari seluruh negara. Kebijakan itu diambil sebagai antisipasi masuknya virus korona covid-19 ke Arab Saudi. Kebijakan ini mengakibatkan ribuan warga Indonesia batal menjalankan umrah. Di Jawa Tengah, ada 3.225 orang yang berpotensi gagal berangkat ke Arab Saudi.

Menurut Ganjar, warga yang ingin berangkat umrah punya hak untuk mengetahui sebab Pemerintah Arab Saudi melarang mereka masuk ke negara itu. Kemag Jateng diminta mencari informasi ke Kemag pusat.

Sebab, Ganjar mendengar Kementerian Luar Negeri masih melakukan negosiasi dengan Arab Saudi untuk bisa menerima jemaah umrah Tanah Air menjalankan ibadah di sana. “Agar kita bisa mengerti nanti putusan akhirnya seperti apa. Kita belum tahu dari Arab Saudi putusannya apa, termasuk dari Kemlu. Kemlu masih bicara, saya dengar seperti itu,” ujar Ganjar Pranowo.

Secara terpisah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemag Jateng M Saidun mengaku, belum mempunyai rencana ke depan setelah calon jemaah Jateng batal ke Arab Saudi. “Kita masih menunggu info dan petunjuk dari pusat,” ujar Saidun. [BS]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.