Perbaikan Ekonomi Diprediksi Berlanjut pada 2018

Perbaikan Ekonomi Diprediksi Berlanjut pada 2018by Tabloid Pendidikan Onlineon.Perbaikan Ekonomi Diprediksi Berlanjut pada 2018Jakarta,TabloidPendidikan.Com – Perbaikan ekonomi Indonesia diprediksi akan berlanjut pada 2018, ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional I Jakarta-Banten Bambang Widjanarko. Kelanjutan ekonomi tersebut didukung pertumbuhan investasi, terutama melalui pembangunan infrastruktur, katanya pada seminar “Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Perekonomian Indonesia”, di Kota Tangerang, Banten, Sabtu. “Kepercayaan investor luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga […]

lbqd53p4

Jakarta,TabloidPendidikan.Com – Perbaikan ekonomi Indonesia diprediksi akan berlanjut pada 2018, ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional I Jakarta-Banten Bambang Widjanarko.

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Kelanjutan ekonomi tersebut didukung pertumbuhan investasi, terutama melalui pembangunan infrastruktur, katanya pada seminar “Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Perekonomian Indonesia”, di Kota Tangerang, Banten, Sabtu.

“Kepercayaan investor luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga terpantau tinggi, hal itu tercermin dari peningkatan rating Indonesia sebagai `investmen grade country` yang sebelumnya pada peringkat 41 menjadi 36 (global competitiveness index) dan tercatat sebagai `top improvers` berdasarkan `survey ease of doing business 2017`,” katanya.

Sementara itu, kinerja intermediasi perbankan dinilainya akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekoomi, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) dan kredit diprediksi pada rentang 10-12 persen.

Namun, pertumbuhan kredit diekspektasikan cenderung berada di kisaran batas bawah rentang proyeksi dengan mempertimbangkan proses konsolidasi individual bank, perbaikan NPL dan tekanan persaingan dari perkembangan industri “peer to peer lending”.

Sedangkan Wakil Ketua komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan, ketahanan pangan energi dan air sebagai kebutuhan dasar manusia merupakan permasalahan mendasar yang perlu dibenahi pada tahun mendatang.

“Strategi perekonomian Indonesia tidak dapat mengandalkan terus komoditas ekstraktif namun harus lebih bertumpu pada keunggulan daya saing industri yang bernilai lebih tinggi,” ujarnya dalam seminar yang diselenggarakan Alumni Magister Manajemen Universitas Esa Unggul.

Tantangan lain terkait fundamental perekonomian Indonesia adalah terbatasnya daya dukung pembiayaan panjang dari sektor keuangan formal dalam pembangunan nasional.

“Ke depan berbagai tantangan baik dari eksteral maupun domestik perlu diwaspadai agar tidak berdampak negatif pada perekonomian INdonesia” katanya.

Untuk itu, tambahnya, sinergi kebijakan antara Bank Indonesia dan Pemerintah perlu terus diperkuat. Bauran kebijakan ekonomi tersebut diarahkan untuk mengawal stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan jangka menengah panjang akan dapat dicapai. [Atr]

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.