Paelan Juara II Kompetisi Barista Kemnaker RI

Paelan Juara II Kompetisi Barista Kemnaker RIby Tabloid Pendidikan Onlineon.Paelan Juara II Kompetisi Barista Kemnaker RILembang, TabloidPendidikan.Com –  Pelatihan pra inkubasi bisnis in wall Barista angkatan XI dan X yang berlangsung selama lima hari sejak tanggal 3-7 April 2018 di Kedai Barista BBPPK dan PKK Lembang resmi ditutup oleh Kepala Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Bapak Nana Mulyana. Bapak Kepala Balai, menyampaikan, Saya ucapkan terima kasih […]

lbqd53p4

Lembang, TabloidPendidikan.Com –  Pelatihan pra inkubasi bisnis in wall Barista angkatan XI dan X yang berlangsung selama lima hari sejak tanggal 3-7 April 2018 di Kedai Barista BBPPK dan PKK Lembang resmi ditutup oleh Kepala Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Bapak Nana Mulyana.

Anggota PAeLAN saat menerima penghargaan sebagai finalis Barista angkatan X Kemnaker RI, 8/4/18.

Bapak Kepala Balai, menyampaikan, Saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, tim pengajar dari east indische koffie, dan para peserta pelatihan Pra Inkubasi Bisnis In Wall Barista Angkatan XI dan X tahun 2018. Pelatihan dan bimbingan ini merupakan bagian dari inkubasi bisnis in wall yang bertujuan memberikan kompetensi untuk melakukan bisnis produktif, jadi tindak lanjutnya adalah membuka kewirausahaan di bidang kopi.

Selanjutnya, Untuk sementara kami usulkan kepada Bapak Menteri, sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, nantinya bagi para peserta yang melanjutkan kompetensinya di bidang barista, apalagi sampai membuka kedai kopi di daerahnya masing-masing, nanti kami akan panggil lagi untuk mengajukan bantuan berupa peralatan kopi. Artinya, setiap peserta pelatihan ini akan kami pantau terus perkembangannya.

“Pelatihan pra inkubasi bisnis ini merupakan pelatihan yang ada uji kompetensinya, awalnya melalui pra inkubasi dulu, sesudah itu diikuti oleh pelatihan inkubasi bisnis out wall atau yang start up istilah Bapak presiden kemudian dilanjutkan dengan pengembangan setalah itu baru lanjutan, jadi sekitar tiga tahun baru menjadi kuat usahanya”, Jelas, Nana.

Selanjtunya, “Barista merupakan satu profesi yang memang sangat komprehensif dan sangat luas, selain mempunyai kesempatan kerja yang bagus juga sangat potensi untuk membuka kesempatan kerja baru. Kalian semua kan sudah diajarkan pengetahuan tentang kopi, dari mulai kopi itu berasal dari mana sampai dengan meracik kopi. Selanjutnya juga bagaimana menggunakan peralatan tersebut untuk membuat kopi”

Ketua Penyelenggara, Pak Heri Supriyantoro menyampaikan, Saya mengucapkan selamat untuk teman-teman yang mendapatkan penghargaan atas kompetisi pembuatan kopi yang diadakan oleh panitia penyelenggara, semoga menjadi bekal kepercayaan diri teman-teman melanjtukan diri sebagai seorang Barista yang handal, bagi yang kalah jangan berkecil hati, kalian punya kesempatan yang sama untuk menajdi seorang barista yang berkualitas, teruslah bersemangat.

“Kegiatan pra inkubasi bisnis in wall barista ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan barista kepada peserta, jadi harapannya setelah dari sini teman-teman kembali ke daerahnya masing-masing bisa membuka usaha produktif sehingga tercipta kesempatan kerja di masyarakat”. Tegas Heri.

Salah satu finalis barista, junaidi, menyampaikan, saya berterima kasih kepada Menteri Ketenagakerjaan, Bapak Muhammad Hanif Dhakiri yang telah menyelenggarakan program pelatihan barista ini. Alhamdulillah setelah mengikuti pelatihan barista ini saya bisa mengerti cara menyeduh secangkir kopi yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan aroma dan rasa kopi yang berkualitas.

“Saya bersyukur bisa menjadi salah satu finalis dalam kompetisi yang diadakan oleh panitia, saya berharap penghargaan ini bisa menjadi bekal untuk terus melanjutkan profesi sebagai seorang barista, dan semangat untuk membuka kedai kopi di sumenep. Dan penghargaan ini saya persembahkan untuk PAeLAN”. Jelas, Junaidi.

Melalui sambungan telepon, pembina Paelan Anwar Anggosuto, menjelaskan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan pelatihan barita itu.
“Prinsipnya kami sampaikan banyak terima kasih kepada Menaker RI Bapak MHD yang telah memberi kesempatan dan peluang kreatif terhadap generasi muda,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, pelatihan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas para peserta pelatihan. “Khusunya Komunitas PAeLAN yang terlibat dalam pelatihan Barista Angkatan X, insya Allah tidak akan sia-sia bahkan bermanfaat dalam kompetisi lapangan kerja” pungkasnya. [bud]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.