Jack Ma: Kalau Mau Jadi Pengusaha, di Usia 25 Jangan Takut Jatuh

Jack Ma: Kalau Mau Jadi Pengusaha, di Usia 25 Jangan Takut Jatuhby Tabloid Pendidikan Onlineon.Jack Ma: Kalau Mau Jadi Pengusaha, di Usia 25 Jangan Takut Jatuh Surabaya, TabloidPendidikan.Com – Jack Ma, pendiri Alibaba pernah berkata, milenial; anak muda usia 25 tahun itu jangan takut untuk terjatuh. Jika jatuh, ya bangkit lagi. Siapa yang tidak tahu kesuksesan Ma dalam dunia perbisnisan? Ia mampu mengembangkan Alibaba sehingga menjadi perusahaan yang mendunia. Ma memiliki prinsip, “Jangan takut berbuat salah. Sesungguhnya setiap kesalahan adalah pendapatan […]

lbqd53p4

 Surabaya, TabloidPendidikan.Com – Jack Ma, pendiri Alibaba pernah berkata, milenial; anak muda usia 25 tahun itu jangan takut untuk terjatuh. Jika jatuh, ya bangkit lagi.

Siapa yang tidak tahu kesuksesan Ma dalam dunia perbisnisan? Ia mampu mengembangkan Alibaba sehingga menjadi perusahaan yang mendunia. Ma memiliki prinsip, “Jangan takut berbuat salah. Sesungguhnya setiap kesalahan adalah pendapatan yang baik untuk kalian”.

Jack Ma, Pendiri Alibaba

Jack Ma, Pendiri Alibaba

Berdasarkan keterangan dari YoutubeRedaksi  merangkum pesan Ma kepada anak muda di seluruh dunia yang ingin menjadi pengusaha.

“Sebelum usia 20 tahun, jadilah murid yang baik. Kalau mau berbisnis, pelajari pengalamannya. Sebelum usia 30 tahun, ikutilah seseorang, bekerjalah di perusahaan kecil. Meskipun umumnya di perusahaan besar sangatlah baik untuk belajar proses pengerjaan. Namun, jika Anda ada di perusahaan kecil, belajarlah tentang semangat dan impian,” katanya.

Sebenarnya, ketika Anda menginjak usia di bawah 30 tahun, tidak masalah di mana perusahaan Anda bekerja, tetapi yang jadi masalah adalah siapa bos Anda, siapa yang memimpin Anda, karena bos yang baik akan mengajari Anda dengan baik.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika sudah menginjak usia 30-40 tahun? Anda harus sudah berpikir untuk bekerja untuk diri Anda sendiri, menjadi pengusaha, bukan bekerja untuk orang lain, dan ketika usia Anda sudah menunjukkan 40-50 tahun, Anda harus melakukan sesuatu sesuai kemampuan. Jangan mencoba bidang lain, waktu Anda sudah terlambat. Anda mungkin saja berhasil, namun tingkat kegagalan terlalu besar.

Usia terus berjalan, dan bertambah. Anda tidak bisa kembali ke masa lalu. Ketika usia Anda sudah mencapai 50-60 tahun, bekerjalah untuk anak muda, karena anak muda dapat lebih berhasil lebih dari yang Anda lakukan.

“Andalkan anak muda, investasikan untuk mereka apa yang kalian mampu, dan pastikan mereka sampai andal,” kata Ma.

Perjalanan Anda selesai, ketika memasuki usia lebih dari 60 tahun, itu saatnya Anda memanjakan diri Anda sendiri karena sudah terlambat untuk membuat perubahan.

Lalu, apa yang bisa Anda tarik kesimpulan dari pesan Jack Ma di atas? Usia paling optimal untuk berkembang menjadi pengusaha itu usia 25 tahun. Buatlah cukup kesalahan, jangan khawatir untuk jatuh, Anda harus bangkit.

“Nikmati saja, kalian baru berusia 25 tahun,” tambahnya. [WE]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.