Amblesnya Jalan Gubeng Diduga Kegagalan Sistem Penahan Tanah

Amblesnya Jalan Gubeng Diduga Kegagalan Sistem Penahan Tanahby Tabloid Pendidikan Onlineon.Amblesnya Jalan Gubeng Diduga Kegagalan Sistem Penahan TanahSurabaya, TabloidPendidikan.Com – Amblesnya jalan Gubeng di Surabaya, Jawa Timur diduga diakibatkan oleh kegagalan sistem penahan tanah pada penggalian proyek basement/runag parkir bawah tanah Rumah Sakit Siloam. Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta mengatakan kegagalan tersebut mengakibatkan tanah di sekitar proyek masuk ke dalam galian, sehingga jalanan menjadi amblas. “Kalau berdasarkan dari foto dan […]

lbqd53p4

Surabaya, TabloidPendidikan.Com – Amblesnya jalan Gubeng di Surabaya, Jawa Timur diduga diakibatkan oleh kegagalan sistem penahan tanah pada penggalian proyek basement/runag parkir bawah tanah Rumah Sakit Siloam.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memeriksa lokasi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memeriksa lokasi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta mengatakan kegagalan tersebut mengakibatkan tanah di sekitar proyek masuk ke dalam galian, sehingga jalanan menjadi amblas.

“Kalau berdasarkan dari foto dan informasi yang saya dapatkan, proyek tersebut sudah ada dinding penahan tanah atau turap, tetapi kelihatannya tidak kuat,” ujar Davy, Rabu (19/12/2018).

Ketidak kokohan sistem penahan tanah pada proyek yang dikerjakan oleh kontraktor proyek, PT Nusa Konstruksi Enjiniring, Tbk, tersebut dinilai cukup fatal. Pasalnya, Davy mengatakan struktur tanah di Surabaya relatif lebih lunak, sehingga harus lebih berhati-hati dalam pembangunan ruang parkir bawah tanah.

Ia mengungkapkan berapapun tingkat lapisan ruang parkir bawah tanah, selama dikerjakan sesuai dengan aturan dan perencanaan yang benar akan tetap aman.

“Nanti akan terbukti kalau sudah diperiksa, di Jakarta basement sudah ada yang sampai dengan tujuh lapis dibangunnya aman – aman saja, karena rancangan dan pelaksanaannya sudah benar,” papar Davy. [BC]

Mandiri

banner (800 x 164)

Tradisi_pemuda (800 x 270)

Author: 

Tabloid Pendidikan Plus, saat ini hadir sebagai Tabloid Pendidikan Online, dengan Slogan : " Portal Berita Pendidikan Online Yang Mendidik."

Related Posts

Comments are closed.